mengenal sejarah tenyang stasion cimahi
mengenal lebih jauh stasiun cimahi
Stasiun Cimahi
Stasiun Cimahi (CMI) adalah stasiun kereta api kelas
I yang terletak di Baros, Cimahi
Tengah, Cimahi, tepatnya di Jalan Stasiun, Kota Cimahi. Stasiun yang
terletak pada ketinggian +723 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi II
Bandung. Stasiun ini dibangun pada tahun 1884,
dan awalnya ditujukan untuk kepentingan militer. Stasiun ini memiliki empat
jalur dengan jalur 1 dan 2 sebagai sepur lurus, namun hanya jalur 1-3 saja yang
sering digunakan.
Di dekat stasiun ini terdapat RS TNI AD
Dustira, Gereja Katolik Santo Ignatius, dan SMP Negeri 2 Cimahi. Stasiun ini
merupakan satu-satunya stasiun kereta api di Kota Cimahi.
Sejarah
![](https://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/fimages/StasiunKeretaApi.jpg)
Pemerintah Kolonial Hindia Belanda membangun Stasiun Kereta Api di Cimahi
ini berkaitan dengan upaya mempertahankan kekuasaan di daerah Bandung Cimahi.
Sebagai sarana pengangkutan logistik militer dari Batavia ke Cimahi dan Bandung
sekitarnya. Cimahi sejak tahun 1880-an direncanakan sebagai basis militer
Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, sedangkan Bandung direncanakan sebagai
Pusat Kota Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda.
Bangunan Stasiun Kereta Api Cimahi terletak di Jln. Stasiun, terletak pada
posisi Latitude -6.885793 dan Longitude 107.536122, dengan ketiggian 765 m dpl.
Untuk menuju ke Stasiun Kereta Api Cimahi dapat ditempuh dari pusat Kota
Bandung dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda ermpat berjarak ± 30 km
ke arah barat dengan waktu tempuh ± 30 menit.
Bangunan dari masa kolonial sekitar 1886 ini memiliki arsitektur eropa
(artdeco). Pintu masuk memiliki dua daun pintu terbuat dari kayu jati, dan pada
bagian atasnya memiliki ventilasi yang dibentuk 1/2 lingkaran, ditutup dengan
kaca patri dan memiliki tralis besi. Pada bagian tepian pintu dan ventilasi ini
memiliki 3 profil jendela. Bentuk pintu dan ventilasi tersebut diikuti pada
bagian jendela yang ada di samping kiri dan kanan pintu masuk. Pada bagian
dinding bangunan antara bagian kaki dengan bagian badan dipisahkan dengan lis.
Bagian kaki bangunan diberi warna gelap, sedangkan pada bagian badan diberi
warna krem. Hanggar tempat penumpang menunggu diberi atap dengan konstruksi
baja dan dari plat besi (seng).
Lokasi bangunan ini sangat strategis dan mudah dijangkau, sehingga bila
dikembangkan sebagai salah objek daya tarik wisata bersama-sama dengan
bangunan-bangunan berarsitektur eropa yang ada di Kota Cimahi dan Kota Bandung.
Hal yang perlu disiapkan adalah saran jalan yang lebih baik dan pengaturan lalau
lintas sehingga pengunjung atau wisatawan atau penikmat bangunan kolonial
di Kota Cimahi dan Kota Bandung dapat dengan leluasa dan tenang.
Lokasi: Jalan Stasiun, Kota Cimahi
Koordinat : 6° 53' 9" S, 107° 32' 10" E
Telepon:
Email:
Internet:
Arah: Untuk menuju ke Stasiun Kereta Api Cimahi dapat ditempuh dari
pusat Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda ermpat
berjarak ± 30 km ke arah barat dengan waktu tempuh ± 30 menit.
Layanan kereta api
Penumpang
Kelas eksekutif
Argo
Parahyangan, tujuan Jakarta dan tujuan Bandung
Kelas campuran
Argo
Parahyangan (reguler, fakultatif, dan tambahan), tujuan Jakarta (kecuali KA 27) dan tujuan Bandung (kecuali KA 36F) (eksekutif
argo-bisnis-ekonomi AC atau eksekutif argo-ekonomi AC plus; khusus hari Senin
rangkaian KA 21 dan 24 menggunakan rangkaian kelas eksekutif
argo-bisnis-ekonomi AC)
Kelas ekonomi AC
Serayu,
tujuan Jakarta dan
tujuan Kroya bersambung Purwokerto
Lokal/komuter ekonomi AC
Patas Bandung
Raya (Senin-Jumat dan Sabtu-Minggu), tujuan Padalarang dan
tujuan Bandung Kiaracondong-Cicalengka
·
Lokal Bandung
Raya, tujuan Padalarang-Purwakarta dan
tujuan Bandung-Bandung Kiaracondong-Cicalengka-Cibatu
·
Lokal
Cibatu/Simandra, tujuan Purwakarta dan
tujuan Cibatu
Papasan dan persusulan
KA Lokal
Bandung Raya tujuan Padalarang (KA
357) disusul KA Argo
Parahyangan tujuan Jakarta (KA 27) yang melintas langsung.
Jadwal kereta api
Berikut ini adalah jadwal kereta api
penumpang yang berhenti di Stasiun Cimahi per 1 Juni 2017 (revisi
Gapeka 2017).
·
KA Reguler
No. KA
|
KA
|
Tujuan
|
Kelas
|
Tiba
|
Berangkat
|
367
|
Lokal Ekonomi AC
|
00.01
|
00.03
|
||
220/221
|
Kroya (KYA) bersambung Purwokerto (PWT)
|
Ekonomi AC
|
00.06
|
00.08
|
|
368
|
Lokal Ekonomi AC
|
00.44
|
00.46
|
||
222/219
|
Ekonomi AC
|
00.49
|
00.51
|
||
97/100
|
Eksekutif & Bisnis
|
00.59
|
01.01
|
||
73/76
|
Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC
|
03.59
|
04.01
|
||
37F
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
04.10
|
04.12
|
||
10501
|
Ekonomi Premium
|
04.24
|
04.26
|
||
369
|
Lokal Ekonomi AC
|
04.41
|
04.43
|
||
19
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
05.10
|
05.12
|
||
370
|
Lokal Ekonomi AC
|
05.36
|
05.38
|
||
343
|
06.12
|
06.14
|
|||
99/98
|
Cikampek (CKP) bersambung Semarang Tawang (SMT)
|
Eksekutif & Bisnis
|
06.25
|
06.27
|
|
360
|
Lokal Ekonomi AC
|
06.34
|
06.36
|
||
21
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus /
Eksekutif Argo, Bisnis, & Ekonomi
AC
|
06.40
|
06.42
|
||
353
|
Lokal Ekonomi AC
|
07.10
|
07.12
|
||
344A
|
07.11
|
07.13
|
|||
333
|
07.19
|
07.22
|
|||
31
|
Eksekutif Argo, Bisnis, & Ekonomi AC
|
07.45
|
07.47
|
||
379
|
Lokal Ekonomi AC
|
07.55
|
07.57
|
||
354
|
08.01
|
08.03
|
|||
20
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
08.21
|
08.29
|
||
33
|
Eksekutif Argo
|
08.45
|
08.47
|
||
380
|
Lokal Ekonomi AC
|
08.46
|
08.48
|
||
371
|
08.55
|
08.57
|
|||
334
|
09.08
|
09.10
|
|||
372
|
09.46
|
09.48
|
|||
361A
|
10.26
|
10.28
|
|||
38F
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
10.52
|
10.54
|
||
10554
|
Ekonomi Premium
|
10.55
|
10.57
|
||
345
|
Lokal Ekonomi AC
|
||||
362
|
11.11
|
11.13
|
|||
355
|
11.31
|
11.34
|
|||
23
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
11.45
|
11.49
|
||
22
|
11.47
|
11.51
|
|||
346
|
Lokal Ekonomi AC
|
12.01
|
12.03
|
||
381
|
12.10
|
12.12
|
|||
356
|
12.21
|
12.25
|
|||
395
|
12.35
|
12.37
|
|||
216/217
|
Kroya (KYA) bersambung Purwokerto (PWT)
|
Ekonomi AC
|
12.40
|
12.42
|
|
337F
|
Lokal Ekonomi AC
|
12.51
|
12.53
|
||
382
|
13.06
|
13.08
|
|||
373
|
13.10
|
13.12
|
|||
24
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus /
Eksekutif Argo, Bisnis, & Ekonomi
AC
|
13.27
|
13.29
|
||
218/215
|
Ekonomi AC
|
13.42
|
13.44
|
||
338F
|
Lokal Ekonomi AC
|
13.43
|
13.45
|
||
374
|
14.06
|
14.08
|
|||
10377
|
Ekonomi Premium
|
14.15
|
14.17
|
||
32
|
Eksekutif Argo, Bisnis, & Ekonomi AC
|
14.41
|
14.43
|
||
363
|
Lokal Ekonomi AC
|
14.42
|
14.44
|
||
25
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
14.55
|
14.57
|
||
347
|
Lokal Ekonomi AC
|
15.33
|
15.35
|
||
364
|
15.36
|
15.38
|
|||
34
|
Eksekutif Argo
|
15.48
|
15.50
|
||
357
|
Lokal Ekonomi AC
|
16.10
|
16.25
|
||
348A
|
16.26
|
16.28
|
|||
383
|
17.00
|
17.02
|
|||
358
|
17.21
|
17.23
|
|||
396
|
17.54
|
17.56
|
|||
375A
|
18.07
|
18.09
|
|||
384
|
18.11
|
18.13
|
|||
26
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
18.27
|
18.29
|
||
365
|
Lokal Ekonomi AC
|
18.48
|
18.50
|
||
376
|
18.51
|
18.53
|
|||
350A
|
19.36
|
19.38
|
|||
29
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
19.50
|
19.52
|
||
349A
|
Lokal Ekonomi AC
|
20.14
|
20.16
|
||
10424
|
Ekonomi Premium
|
21.02
|
21.04
|
||
35F
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
21.05
|
21.07
|
||
366
|
Lokal Ekonomi AC
|
21.21
|
21.23
|
||
75/74
|
Cikampek (CKP) bersambung Surabaya Pasarturi (SBI)
|
Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC
|
21.35
|
21.37
|
|
28
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
21.42
|
21.44
|
||
359
|
Lokal Ekonomi AC
|
21.55
|
21.57
|
||
385
|
22.10
|
22.12
|
|||
377
|
22.37
|
22.39
|
|||
386
|
22.49
|
22.51
|
|||
30
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
23.02
|
23.04
|
||
378
|
Lokal Ekonomi AC
|
23.29
|
23.31
|
·
KA Tambahan (beroperasi pada masa lebaran, natal-tahun
baru, ataupun terkadang di akhir pekan tertentu)
No. PLB/KLB
|
KA
|
Tujuan
|
Kelas
|
Tiba
|
Berangkat
|
10052
|
Eksekutif Argo & Ekonomi AC Plus
|
02.16
|
02.18
|
||
10932
|
Bisnis AC
|
09.40
|
09.42
|
||
10122
|
Eksekutif Argo
|
10.12
|
10.14
|
||
10107
|
11.10
|
11.12
|
|||
10347
|
Bisnis AC
|
15.36
.365
|
15.38
|
sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Cimahi
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=95&lang=id
Komentar
Posting Komentar